Social Icons

Pages

Selasa, 05 November 2013

Pendakian Kedua Gunung Api Purba, Wonosari.

Tadinya judulnya mau saya tulis lebih spesifik, Gunung Api Purba Langgeran, Nglanggeran, atau Ngglangeran. tapi daripada saya salah terus didemo karyawan-karyawan se Wonosari yang belakangan lagi jadi tren di Ibukota, mending saya cari aman.

Minggu, 3 November 2013 lalu saya kembali mendaki gunung yang berketinggian 200-700 mdpl ini, setelah sebelumnya saya bersama rekan-rekan FAFIFU ADVENTURE, kali ini saya bersama pacar saya. Ambar namanya...iya namanya pasaran sih, sebelumnya saya udah ngasih advice gimana kalo dia ganti nama, jadi Martha atau Diana gitu, tapi ternyata nama kayak gitu udah dipake penjual martabak keliling sebelah buat namain gerobaknya.

Pukul 1 siang kami berangkat dari rumah, dan sampai di basecamp pendakian sekitar pukul 2 lebih. Kemudian ngedaftarin diri sambil bawa duit 18ribu buat parkir sama biaya masuk katanya.

Perjalanan sampai dipuncak tak memakan waktu terlalu lama biasanya, iya kalo yang diajak naik udah biasa jalan kaki, nah kebetulan Ambar ini ga biasa jalan kaki, kemana-mana dia lebih sering pake kereta mini atau odong-odong yang dihiasi kemerlip lampu warna-warni, ah sudahlah...

Singkat cerita setelah berkali-kali break diperjalanan, kami sudah berada sangat dekat dengan puncak Nglanggeran, sampai tiba-tiba Ambar minta berhenti lagi di jalur yang agak "nge-trek", terduduk sejenak lalu....cemilan dan susu yang dia makan sebelumnya muntah semua. "Dasar medioker, katanya pernah naik Merbabu sampai puncak cuman 4 jam, masa' sama Nglanggeran kalah" - kataku bermaksud ngasih motivasi yang malah terkesan ngeselin. iya tau deh.

Satu jam sudah kami jalan, sekitar pukul 4 sore angin dan suara gemuruh datang dari arah selatan. Aku mempercepat langkah biar bisa sampai puncak dan bikin doom sebelum hujan turun. Sementara itu Ambar duduk dibatu besar sambil mulutnya tertekuk hampir nangis gara-gara kecapekan ditambah lagi ngeliat cuaca yang seremnya kayak muka pacarnya ini.

"Tinggal sebentar lagi kan ?" -tanya dia.
"Iya, cuman situ kok, udah mau sampai kita" - jawabku
"Kamu tu daritadi bilang cuman situ, sebentar lagi sampai, dikit lagi kok terus ! mau nyiksa aku apa !!" - mukanya hopeless dan jadi jelek kayak setan di The Conjuring.

Aku ngeloyong keatas buat bikin doom, baru 5 menit aku sampai dan ngebongkar cover tenda eh anginnya tambah gede, ditambah Ambar teriak teriak dibawah nyari jalan naik...
"AKU KUDU PIYEEE !" ucapku dalam hati.

Hujan angin mulai turun, pukul 5 sore kurang lebih waktu itu, dan tenda belum berdiri, aku panik plus kedinginan, sementara ga tau kenapa Ambar malah tenang-tenang aja. Untung ada 2 orang mas-mas dari Riau yang kebetulan lagi naik, tenda kami berdiri meski sebelumnya salah ngerakit dan doyong-doyong kayak abis diminumin tuak.

Sejurus kemudian Ambar bilang "makanya kamu tu punya lemak" - iya, aku lelaki yang lemah pada dingin, aku nangis...tapi bohong.

Singkat cerita, mas-masnya turun dan ga tau kenapa tumben-tumbenan diatas itu sepi bingits ga ada tenda lain berdiri, padahal biasanya ada. Kami kesepian kayak Adam dan Hawa pas belum punya anak, ga lama kemudian ada pesan singkat masuk dari Advenda yang tanya "Apa kabar badai ? disini ujan angin" - lah ternyata yang dirumah juga kena angin ribut.

Setelah ganti dengan pakaian kering kami rehat selama beberapa waktu didalam tenda yang diguyur hujan dan angin. Romantis ? enggaaaak !

Kami tertidur hingga pukul 1 pagi sebelum dibangunkan derap langkah kaki orang, untunglah buka kami sendiri yang diatas, langit tampak begitu cerah saat itu, benda-benda langit begitu jelas, disini nih moment buat propose marriage. Kalo difilm-film pasti udah ada backsound Iron and Wine - Flightless Bird American Mouth trus kedua pasangan dansa dibawah sinar bulan terus ngasih cincin terus nikah terus bahagia selama-lamanya.
Kita engga, kita kedinginan dan itu udah ngebunuh momen, kita balik tenda tanpa backsound Iron and Wine tadi, malahan mas-mas yang barusan lewat nyanyi Lingsir Wengi, suasana jadi horor lagi.

Pukul 5 pagi kami bangun, Ambar yang kemarin nangis udah cantik lagi, tapi masih gendut.
perjalanan berat semalem kebayar udah dengan sunrise di puncak Nglanggeran, ga ada kabut tebal yang nutupin tebing tinggi disebrang kami, ga ada mas-mas yang nyanyi Lingsir Wengi, dan ga ada Megan Fox pake bikini pagi itu. Ambar tersenyum lebar, maklum dia tinggalnya di kutub jadi jarang liat matahari terbit secerah ini.

Riani KW 11, hngg....

Matahari semakin tinggi dan kami memutuskan untuk segera packing pulang, setelah ngumpulin sampah yang kami niati untuk dibawa pulang trus dijual ke pengepul rosok sebelah buat nambahin biaya sewa gedung besok kalo nikah, tapi ga jadi kami bawa pulang soalnya berat.

Sehari setelah perjalanan ini Ambar laporan kalo dia masuk angin akut dan bolak balik kamar mandi, dia diare akut gara-gara makan mi instan setengah mateng dan kopi primitif sewaktu dipuncak kemarin.